Minggu, 04 November 2012

KRONIK SEMINARI YERUSALEM BARU (JUNI-AGUSTUS)


Salam jumpa para pencinta SINTER PAPUA mania di mana pun anda berada. Semoga semuanya masih dalam keadaan yang sehat walafiat dan selalu ada dalam lindungan Allah yang Maha kuasa.
Pada kemsempantan ini, Bung kronik kembali menyapa anda semua dalam suatu rangkaian cerita dan informasi yang tersususun rapih menjadi sebuah catatan peristiwa yang selama ini telah menghiasi dan mewarnai kisah perjalanan panggilan para frater di Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru.
Suka duka, canda tawa dan isak tangis selalu merupakan nostalgia yang indah yang mengisi setiap derap langkah para frater Semeinari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Bara sebagai calon imam di tanah Papua.
Oleh karena itu, untuk mengurangi rasa penasaran anda semua maka Bung kronik mengajak anda untuk meluangkan waktu untuk menyimak lembaran-lembaran kisah para frater ini yang telah dirangkaikan di bawah ini. Akhirnya Bung kronik mengucapkan selamat membaca.
3 Juni 2012
                “Teman-teman mobil su datang…mobil su datang…” teriak fr Okto Taena selaku ketua kesenian Seminari Tinggi Interdiosesan kepada anggota koor untuk segera bersiap-siap. Hari ini anggota koor gabungan (para fater, asrama putri Nurjaya, asrama putri santa Monika Waena dan Omk Perumnas) pergi ke Koya Timur untuk tanggung koor di gereja Sang Penabur Koya Timur. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi gladi resik bagi anggota koor menyambut tahbisan Diakon tanggal 9 juni di Semeinari Tinggi Yerusalem Baru. Pada kesempatan ini juga, Pater John Jehuru selaku pemimpin misa menerimakan sakramen komoni pertama kepada Niga dan Bita Cs. Sesudah perayaan Ekaristi, anggota koor diundang oleh keluarga Bapak Tomas untuk menghadiri syukuran atas sakramen komoni yang telah diterima oleh kedua anaknya Niga dan Bita. “Wan…nanti ada goyang ka trada?” Tanya fr Steko pada fr ibra, “ada ka trada yang penting makan sob”, jawab fr ibra. “Kamu semua sudah kenyang ka???Tanya Pater John kepada anggota koor, kita diundang lagi untuk menghadiri acara syukuran komoni pertama dari salah satu keluarga di Koya Barat, lanjutnya. “Aduh Pater….nanti isi makanan lagi di mana soalnya perut su tra bisa tampung lagi ne” sambung Yuly yang adalah mahasiswi STPK yang ikut saat itu. “Makan lagi…makan lagi…kata fr ibra setibanya di tempat acara”. Setelah itu, rombongan anggota koor menuju Pantai Holtekam untuk rekreasi bersama. Tepat pukul 16.00 sore meninggalkan pantai Holtekamp pulang kembali ke asrama masing-masing. Selamat tinggal koya,,,,
9 Juni 2012
“Hujan ko stop sudah ka…” Kata fr Lecet alias Lius Taena dengan gaya logat Papua. Hari ini ditahbiskan enam orang frater yakni; fr Linur Pr asal Keuskupan Asmat, fr Peter Pr, asal Keuskupan Monokwari Sorong, fr Paulus Lipi Osa, fr Hiron Ofm, fr Petrus Ofm dan fr menajadi Diakon. Walaupun hujan terus mengguyur bumi Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru tetapi tidak mematahkan semangat para frater dan undagan untuk menghadiri acara pentahbisan. Pada kesempan ini juga, para frater tingkat 4 dilantik menjadi akolit. Acara tahbisan dan pelantikan akolit ini dipimpin langsung oleh Mgr Aloysius Murwito OFM, Uskup Keuskupan Asmat didampingi P Neles Tebay Pr (Ketua sekolah STFT Fajar Timur), P John Jehuru Osa (Rektor Seminari Tingi Yerusalem Baru). Perayaan Ekaristi berlangsung meriah karena anggota koor bernyanyi dengan penuh semangat didukung oleh dirigennya fr Eman Billy dengan gayanya sambil “bergoyang”. Dalam khotbah, Uskup Alo mengatakan bahwa tugas seorang Diakon dan Akolit adalah mewartakan Injil, melayani altar yang kudus dan melayani orang miskin.  Sesudah perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan acara resepsi bersama tamu undangan dan ditutup dengan makan bersama. “Eits…tunggu dulu, acara selanjutnya adalah papi alias patah pingang yang dikordinir oleh fr Jimmy sebagai seksi acara.
10 Juni 2012
“Acara lagi…acara lagi…”kata fr Dhio pada fr Zake, “Wan… pokoknya ne malam katong harus kuasai arena” jawap fr  Zake. Pada hari ini, keluarga besar Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru mengadakan acara syukuran atas ke dua saudara (Fr Linus dan Fr Peter) yang telah ditahbiskan menjadi Diakon. Selamat e untuk kakak Diakon berdua, pergilah engkau diutus dan jadikanlah seluruh bangsa murid-Ku, “ungkap fr Jhon Seran kepada kedua Diakon yang sempat di dengar bung kronik”
11 Juni 2012
“We ne hari Seminari pung sepi sj…orang-orang dong ke mana semua e” Tanya fr andrio pada fr primus. “Bro ko tra tau ka? Ne hari kan stage jadi semua su jalan bro” jawab fr Primus. Hari ini para frater menjalankan kegiatan stage, frater tingkat I stage kemasyarakatan di sekitar abepura, kota raja dan waena, frater tingkat II stage kegerejaan di Paroki St Wilibrodis Arso, frater tinggkat III stage penelitian di Koya Timur dan Koya Barat dan tingkat IV menjalankan tahun orientasi pastoral di keuskupan masing-masing.
14 Juli 2012
Kegiatan stage berakhir. Para frater bergabung kembali di tempat tercinta Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru. Banyak pengalaman suka dan duka yang disharingkan satu sama lain. “Ai Kakz…saya punya badan turun drastis” Keluh fr Ufon pada Bung kronik yang pada saat stage ia mendapatkan tempat kerja di batu tela, “Woi…fr Ufon hanya itu sa juga, ko tra tau ka kita pung kakak frater Gusty da masuk RS Dian Harapan tu karena malaria plus 4, tau to selama stage kegerejaan di Arso tu dapat serang dari nyamuk trus jd” protes fr Beny. “Berarti kami yang stege penelitian di koya enak dong karena makan ikan mujair trus, selama kami di Koya tu ikan-ikan dong tra tidur tenang mimpi buruk terus”. Sambung fr France sambil tersenyum.
24 Juli 2012
Hari ini rombongan frater-frater baru dari Keuskupan Monokwari Sorong dibawah pimpinan fr Joko tiba di Seminari Tinggi Yerusalem Baru, untuk melanjutkan pendidikan sebagai calon imam di STFT Fajar Timur. “Selamat datang bro dan selamat bergabung di komunitas tercinta Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru”, kata Fr Martin.
25 Juli 2012
“Seminari 1’am coming,,,” itulah ucapan fr Anjelo saat menginjakkan kakinya di Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru. Hari ini frater-frater baru dari Keuskupan Timika Fr Anjelo Cs tiba di Seminari Tinggi Yerusalem Baru.
1-3 Agustus 2012
Hari ini komonitas Seminari Tinggi Iinterdiosesan Yerusalem Baru, mengikuti ret-ret bersama di aula St. Yoseph Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru. Tema ret-ret yang direnungkan adalah SPIRITUALITAS HIDUP KOMONITAS MATI RAGA MERUPAKAN SUMBER DOA YANG SEJATI BAGI KESELAMATAN JIWA-JIWA.
6-11 Agustus 2012
Hari ini para frater baru Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru mengikuti Ospek (Orientasi Pendidikan) di kampus STFT Fajar Timur. “Ospek di STFT ni bagus e karena tidak siksa kita model ke di kampus lain” Ungkap fr Ruben pada kawan-kawannya. “Bro…ospek di STFT tu tujuannya untuk mendidik orang dengan baik dan mengenal kampus bukan untuk menyiksa orang”. Sambung Fr Scifo yang sempat mendengar perkataan dari fr Ruben dkk.
13 Agustus 2012
Hari ini para frater Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru bersama seluruh civitas akedemi STFT Fajar Timur, mengikuti pembukaan kuliah perdana tahun ajaran 2012-2013 di aula St. Yoseph Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru. Acara pembukaan kuliah perdana ini diberikan oleh Prof. Dr John Tondowidjojo, CM dengan tema: PASTORAL DAN KOMONIKASI.
14 Agustus 2012
Hari adalah hari pertama para mahasiswa STFT Fajar memulai kegiatan perkuliahan tahun ajaran baru 2012/2013. “Ai…kulia lagi…coba libur trus ka???”Kata Fr Yanto. “Sob (Sobat) lebih cepat lebih bagus lagi karena umat sangat membutuhkan kita”. Sambung fr Jiden.
16 Agustus 2012
Hari ini seluruh Civitas akademi STFT Fajar Timur mengikuti serah terima jabatan Ketua Sekolah STFT Fajar Timur di aula St. Yosep Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru. Bapak Drs Abdon Bisei M. Hum selaku Ketua Sekolah yang baru menggantikan P. Dr Neles Tebai. Akhirnya para Frater Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem Baru mengucapkan proficiat dan selamat bertugas kepada Bapak Drs Abdon Bisei M. Hum dan terima kasih kepada P. Dr Neles Tebai Pr , atas pengabdiannya selama ini.
17 Agustus 2012
“Merdeka…merdeka…merdeka…” Teriak fr Tinus. Para Frater mengucapkan Dirgahayu untuk kemerdekaan nagara Indonesia yang ke-67.
19 Agustus 2012
“Bukan kamu yang mengutus Aku, tetapi Akulah yang Mengutus kamu”. Hari para Frater Seminari Tinggi Interdiosesan Yerusalem baru mengikuti acara penthabisan Diakon di Paroki Sang Penebus Sentani. Mereka yang ditahbiskan menjadi Diakon  adalah Fr Yohanes Klau, Fr Yonanes Klau, Fr Imanuel James Kossay, Fr Carolus Boru. Keempat para frater ini ditahbiskan menjadi Diakon Keuskupan Jayapura dengan Uskup Penthabis Uskup Leo Laba Ladjar Ofm. Sebagai acara syukuran maka pada malamya dilanjutkan dengan resepsi bersama di Wisma Sto Maria Vianney Jayapura.
Akhirnya Bung kronik hanya bisa mengucapkan terimakasih dan semoga kita dapat bersua lagi di edisi mendatang. Sampai jumpa. Da,,,,,,,,,,!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar